Selasa, 14 Februari 2012

Penerimaan Taruna Baru Akademi Meteorologi Dan Geofisika Tahun Akademik 2012/2013




Baru - baru ini ada informasi terbaru mengenai penerimaan taruna baru akademi meteorologi dan geofisika Jakarta. Apa itu Akademi Meteorologi Dan Geofisika (AMG)  ? .AMG adalah Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Jakarta (BMKG). Yaitu Lembaga Pemerintahan Non-Departemen (LPND) yang bersifat vertikal dan langsung bertanggung jawab terhadap presiden Republik Indonesia.BMKG sendiri adalah lembaga negara yang bartugas dalam meng-analisa Cuaca, Iklim, Gempa bumi dan juga Tsunami di Indonesia. Nah, AMG tahun ini mulai 13 Februari 2012 kemarin sampai 13 April 2012 nanti mengadakan penerimaan calon taruna-nya.

Berikut informasinya  :


PROGRAM  / JURUSAN.


Program Diploma III  jurusan Meteorologi,  Program Diploma III Jurusan Klimatologi,  Program Diploma III Jurusan Geofisika.Program Diploma III jurusan Instrumentasi.Berikatan dinas dengan Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika. tidak diasramakan.  Pendidikan dilaksanakan dalam 6 (enam) semester dengan Praktek Kerja di stasiun BMKG di seluruh Indonesia.
  •  Tahun pertama   :  Kuliah semester I dan II  
  •  Tahun kedua      :  Praktek kerja di stasiun BMKG  
  •  Tahun ketiga      :  Kuliah semester III  dan  IV   
 Tahun keempat  :  Kuliah semester V dan VI


TEMPAT  PENDAFTARAN  DAN  LOKASI TEST  :


1.  Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika :  Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteorologi       Dep.Hub,  Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, 15221, Telp. 021-73691621-23.

2.  Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah I : Jl. Ngumban Surbakti No.15 Selayang II,  Medan.  Telp. 061-8222877, 8222878.

3.  Stasiun Klimatologi Kenten, Jl. Residen H. Amalludin Kenten Sako,  Palembang, Telp. 0711-811642, Fax  0711- 810831.
4.  Stasiun Meteorologi Bandara Tabing, Padang. Telp. 0751-819105

5.  Stasiun Meteorologi Bandara Juanda, Surabaya, Telp. 031-8667540 psw 103. Fax 031-8675342

6.  Stasiun Geofisika Yogyakarta,  Jl. Wates Km 8, Citengan, Balecatur, Gamping, Sleman, Yogjakarta,   Telp. 0274-6498380;  Fax.  0274-6498383

7.  Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III : Jl. Raya Tuban,  Denpasar. Telp.0361-751122  Fax 0361-757975

8.  Stasiun Meteorologi  Bandara  Selaparang, Jl. Adi Sucipto Mataram,  Telp.  0364-32235

9.  Stasiun Meteorologi  Bandara  Supadio, Jl. Adi Sucipto Km 17, Pontianak. Telp. 0561-721142. Fax 0561-725127

10.  Stasiun Meteorologi  Bandara  Syamsudin Noor, Banjarmasin. Telp. 0511-4705198 Fax 0511-470509.

11.  Stasiun Meteorologi  Bandara  Sepinggan, Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 3, Balikpapan. Telp. 0542-762360, 764054.

12.  Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV, Jl. Racing Centre No.4 Panaikang, Makassar.  Telp.  0411-449243. Fax 0411-455019 

13.  Stasiun Meteorologi  Bandara Mutiara, Jl. Abdurahman Saleh, Biroboli, Palu. Telp. 0451-482172. Fax 0451-482802

14.  Stasiun Meteorologi  Bandara  Jalaluddin, Komplek Bandara Jalaluddin Gorontalo, Telp.  0435-890393 

15.  Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Jl. Jend. Sudirman No. 158, Kendari, Telp. 0401-328528.

16.  Stasiun Meteorologi Bandara Babullah, Jl. Bandara  Babullah, Ternate. Telp. 0921-3312292,3127902 Fax. 3110430.

17.  Stasiun Geofisika  Karangpanjang,  Jl. AIS Nasution No. 8, Ambon. Telp. 0911-353191-354931   Fax   826205

18.  Stasiun Geofisika  Kupang,  Jl. Cak Doko No. 70, Kupang. Telp.0380-821608-826006.

19.  Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah V, Jl. Raya Abepura Entrop, Jayapura.  Telp.0967-535419 Fax 535418.

20.  Stasiun Meteorologi Bandara  Jeffman,  Sorong, Telp. 0951-327457

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.amg.ac.id .

Akademi Meteorologi Dan Geofisika (AMG)


182 komentar:

  1. apa kita dibayar ?

    BalasHapus
  2. terimakasih atas komentarnya.
    Benar, Akademi Meteorologi dan geofisika memberikan uang bulanan atau lebih dikenal dengan TID (Tunjangan Ikatan Dinas) bagi Tarunanya. Besaranya yaitu Rp.500.000,00 /bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk thn ajaran 2013-2014 kpan kira2 di buka pendafataranya...???

      Hapus
    2. apakah tahun 2013-2014 ini pendaftarannya dibuka?

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  3. good info. Tapi selama pendidikan kita nggak dikenai biaya pendidikan kan? Terus informasi persyaratan mendaftar gimana? terimakasih:)

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas pertanyaannya.
    Benar, kita tidak lagi dibebani biaya perkuliahan.
    berikut persyaratannya, semoga terbantu :)
    PERSYARATAN CALON TARUNA:
    1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna.
    2. Umur tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2012
    3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
    4. Bebas narkoba sebelum dan selama pendidikan.
    5. Lulus atau akan Lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA, atau SMK jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika,
    Teknik Telekomunikasi atau Teknik Komputer. Lulusan SMK hanya bisa mendaftar untuk program D-III jurusan
    Instrumentasi.
    6. Nilai Hasil Belajar pada kolom Pengetahuan pada rapor SMA untuk Klas XI semester 1, Klas XI semester 2, dan Klas XII
    semester 1, untuk matapelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris minimal 70.
    7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
    8. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria, dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
    9. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika selama minimal 5 ( lima ) tahun sejak dinyatakan lulus
    pendidikan, dan bersedia ditempatkan dimana saja di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    BalasHapus
  5. daya tampung penerimaan taruna tahun ini berapa?

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas pertanyaannya.
    yang lebih mengetahui daya tampung adalah pihak kampus (AMG) dan BMKG pusat. Namun menurut rata - rata penerimaan adalah antara 150 - 200 orang dari kurang lebih 4000an pendaftar dari seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. daftar nya gk bisa online?

    BalasHapus
  8. tes kesehatannya apa aja? apakah detail seperti masuk akmil, akpol?

    BalasHapus
  9. terimakasih atas pertanyaannya,.
    pendaftaran telah ditutup 13aperil kemarin, pendaftaran harus datang langsung.

    tes kessehatan tidak seperti akmil ataupun akpol, tesnya hanya berupa medical check-up.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  10. kenapa ips ga bisa daftar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru dibalas, karena pelajaran yang di ajarkan harus dibutuhkan basic pelajaran IPA yang matang.

      Hapus
  11. Asalamualaikum Wr Wb - Kulanuwun
    Numpang lewat sekalian promosi
    bolehkan..?!

    BalasHapus
  12. ada gelombang pendaftaran lagi gak?
    kalo lulusan 2010 bisa daftar ?nilai ijazah bisa gak digunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pendaftaran telah ditutup.di coba tahun depan.
      2010 bisa, nilai ijazah memang sebagai syaratnya.

      Hapus
  13. berapakah batasan mata minus yang diperbolehkan, jika mau mengambil jurusan instrumentasi???

    BalasHapus
  14. minus 2 untk segala jurusan

    BalasHapus
  15. ada tes fisiknya juga? tes fisiknya apa saja? spesifikasi utamanya fisika dibidang pengetahuan apa? apa buat tahun 2013 juga masi sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru dibalas,
      untuk tes fisik di AMG sendiri tidak ada.
      lebih kurang sama dengan tahun ini.

      Hapus
  16. pendaftarannya udah di tutup yah untuk tahun 2012??

    BalasHapus
  17. pendaftaran dibuka mulai kapan ?

    BalasHapus
  18. jika sudah diterima di BMKG apakah boleh memilih lokasi penempatan kerjanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk bs, karena waktu registrasi harus ttd bermaterai siap dtempatkan diseluruh wilayah indonesia

      Hapus
  19. kak aku ema,, kak untuk tahun dpan ada gak untuk jalur PMDK,, ??
    Lalu uang pangkal awal masuk berapa kak ?? Makasih.. :)

    BalasHapus
  20. Untuk info jalur PMDK masih menuggu info lanjutan dari www.amg.ac.id. Uang pangkal 6juta untuk kebutuhan kita dari awal masuk sampai wisuda. Terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  21. kak,numpang tanya,
    Keterampilan khusus dibutuh kan enngak,
    Kyk tulisan,penampilan,dsb??
    Terima kash..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada kok dek. Disini kita seperti mahasiswa biasa. Tetapi dengan sistem semi - militer yang disiplin dengan konsep punish and reward. Terima kasih atas pertanyaannya.

      Hapus
  22. ka perhitungan untuk berat badan ideal, tinggi badan - 110 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulfa : untuk wanita 155cm minimal dek

      Hapus
  23. ka klau smk jurusan konrol proses bidang keahlian instumentasi bisa msk ga?

    BalasHapus
  24. bahasa inggris dibutuh kan gk kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. alangkah baiknya bs b.inggris. karena kesempatan ke luar negeri lebih besar.

      Hapus
    2. contoh soal seleksi ada gk kak???

      Hapus
    3. https://docs.google.com/file/d/0B6uhGt152xgnMDRmYTNmNGEtZDdhNi00YTk4LTkzMWQtN2Q1NzNmOTdkMTkz/edit?hl=en


      link di atas soal masuk AMG, untuk bisa akses harus punya akun Gmail dulu ya dek.

      Hapus
  25. kak kalo meteorologi itu belajarnya apaan aja ya kak? terus basic ipa yang paling dibutuhin apa ya? makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar tentang fenomena cuaca, awan, arah angin, tornado, siklon dll.kl pljaran pas kuliah dan sma fisika lebih dominan.

      Hapus
  26. untuk angkatan SMA tahun 2012/2013,kapan ya pendaftaran nya?
    ada gak tempat pendaftarannya yang di daerah riau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk daerah Riau sampai informasi terakhir belum ada tempat pendaftarannya. Tempat pendaftaran paling dekat yaitu provinsi Sumbar. Banyak juga yang kuliah disini dari Riu, Pekanbaru, tapi pendaftarannya dari Sumatera Barat,pendaftaran biasanya antara bulan Mei - Juli. Terima kasih untuk pertanyaannya.

      Hapus
  27. Kak mau tanya kalo lulusan dari AMG pasti terjamin kerja gak ?? soalnya kn ada sekolah kedinasan yang setlah lulus ada yang blum tersrap krja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, untuk pertanyaan ini dapat dibaca dulu pada artikel

      http://makalah-informasi.blogspot.com/2012/10/daftar-sekolah-tinggi-ikatan-dinas.html

      Alhamdulillah AMG msh ikatan dinas, seperti halnya IPDN, STIS, AIM, dan sebagainya.

      Hapus
  28. kak tinggi badan kan 155 cm, trus kalo berat badan minimal berapa ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting tingginya dek, berat tidak terlalu jadi masalah kok. Semangat untuk tahun depan ya nur.

      Hapus
    2. kak kalo usia 17 thn dibulan agustus memenuhi syarat engga ? boleh ikut daftar ?

      Hapus
  29. kak permisi mau tanya, saya lulus dari SMK (Jursn: Teknik komputer jaringan). bila daftar di AMG. Kan hanya bisa di jurusan instrumen, itu seperti apa kak ? lalu apakah peluang wanita di jurusan instrumen itu ada. trimakasih banyak kak atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pertanyaannya.
      Ia, memang hanya bisa masuk jurusan instrumen.
      pelajaran di jurusan instrumen hampir sama dengan pelajaran yg adik dapatkan di SMK. Peluang wanita terbuka lebar, justru saingannya sedikit karena kebanyakan cowok yang daftar.perbandingannya rata2.18 pria 8 wanita.

      Hapus
  30. pelajarannya mengenai jaringan, komputer, bahasa pemrograman juga.

    BalasHapus
  31. kak, kalo di AMG , kita ada asrama disana gak ?
    tolong infonya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah tidak di asrama
      jadi tidak ada yang namanya bully dan sejenisnnya yang mengatasnamakan intitusi.kalaupun ada mungkin hanya pribadi.
      oh ya, kita dapat memakai jasa kost disini.
      terima kasih atas pertanyaannya.

      Hapus
  32. kak yg dimaksut cacat fisik gmna ya kak? apakah klo organ tubuh kita lengkap tapi tangan kita sdikit bengkok karna pernah patah itu termaksut cacat fisik gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya.
      yang dimaksud cacat fisik disini lebih kepada yang mengganggu proses belajar mengajar dan kerja saat dilapangan.
      untuk kedepannya silahkan Andrie Efendi mencoba untuk mengikuti seleksinya.

      Hapus
  33. Kak, saya kelas XII IPA.
    Pendaftaran buat tahun saya dimulai sejak kapan ya??
    Lalu, kalau daftar jalur undangan bidik misi bisa ndak??
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya.
      Pendaftaran biasanya setelah UN.
      antara Mei-juni.
      untuk jalur undangan belum ada.
      maaf baru dibalas.

      Hapus
  34. kak untuk jalur PMDK memangnya gk ada?? dan untuk persyaratan administrasi boleh dikirim lewat jasa antar barang gk?? soalnya saya masih kelas 3 SMA dan jauh dari tempat pendaftaran..mohon bantuannya?? dan memangnya ka" jg lulusan AMG ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia, blm ada untuk jalur PMDK. bisa, karena memang dikirim lewat jasa antar barang dek :)

      Hapus
  35. ka mau nanya, kalo untuk perempuan harus berambut pendek? spt polwan gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia, betul sekali :)
      terima kasih pertanyaannya.
      jangan sungkan bertanya.

      Hapus
  36. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas informasinya. Saya M Isron W kelas XII jurusan IPA, mau tanya , bagaimanakah peluang untuk bisa masuk ke AMG saat ini?? Ada tips ga dari kk Rizki agar lebih mudah untuk bisa diterima di AMG ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih atas pertanyaannya.
      Saat ini peluang terbuka lebar tinggal bagaimana isron memanfaatkannya dengan mempelajari soal -soal yang akan diujikan nanti. Dan jangan lupa banyak berdo'a.

      Hapus
  37. kak, saya udah buka soal PMB AMG, itu soalnya kira2 berkembeng gak ya?
    atau emang seperti itu aja hanya dibedakan diangkanya?

    Trus kalau hasil tes tidak memuaskan karna dah lama gak belajar, nilai ijazah sama raport bisa jadi pertimbanagn gak ya kak?
    terimakasih sebelumnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya Ninuk.
      yang saya amati memang terjadi pengembangan soal dari tahun ke tahun namun tidak jauh beda.
      Namun untuk tahun depan kemungkinan akan ada kerjasama dengan badan kepegawaian nasional untuk proses seleksinya.
      niai raport tidak berpengaruh, yang berpengaruh hanya nilai hasil tes kita.

      Hapus
  38. Saya mau tanya juga kk . , info sekarang Alumni" AMG kebanyakan bekerja dmna kk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Isron sudah aktif mau bertanya.
      Sekedar info, saat dinyatakan lulus tes AMG.
      Para calon Taruna diwajibkan mengisi surat pernyataan "siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI" pada saat registrasi ulang.
      jadi kerjanya di UPT (kantor2 BMKG )seluruh Indonesia. Tapi rata2 pulang pada region dimana para pendaftar mendaftarkan diri kok.

      Hapus
  39. Oo begitu y.y.y. , terimakasih kk. .Iya ini blog nya kk Rizky saya bookmark biar bisa stay tune disini trus ... hhehe

    BalasHapus
  40. kak bagaimana kalo dengan siswa berjilbab apakah boleh??
    trus kok tempat pendaftaran di semarang ada apa tidak??
    lokasi seleksi tesnya dimana??
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat di bolehkan citra :)
      untuk tahun lalu blm ada di semarang, di djogja
      untuk info kedepannya cek trs update di situs ini atau www.amg.ac.id
      terima kasih pertanyaannya

      Hapus
  41. Maaf kak, saya mau tanya.. kalau biaya pendidikannya gimana ya?? mohon diberikan penjelasan.. Makasih :)

    BalasHapus
  42. kak aku baca di web lain kok persyaratan tinggi badan cewek itu 157cm
    itu yg bener 155 apa 157cm??

    BalasHapus
    Balasan
    1. persyaratan terakhir 155cm untuk wanita citra.
      terima kasih pertanyaannya.

      Hapus
  43. Oh ya, ,kal Tes penerimaan taruna baru tahun 2013 itu kapan ya Gan ?? mhon encerahannya

    BalasHapus
  44. kak saya dari Jogja dan berminat masuk AMG, mohon dijelaskan tentang biaya pendidikan, uang pangkal, tunjangan ikatan dinas, dan biaya hidup selama mengikuti proses pendidikan di AMG (biaya oprasional; makan, transportasi, dan kost).
    serta mohon informasi tentang jadwal pendaftaran untuk tahun 2013 dan pola seleksinya.
    saya sangat berterimakasih atas perhatian, dan balasannya :)

    BalasHapus
  45. kak, klimatologi buka brp kelas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 kelas dya, namun jumlah 1 kelas itu bisa 40an

      Hapus
    2. Bisa dilihat disini dya

      http://www.amg.ac.id/akademik/jumlah-taruna/

      Hapus
  46. kak tadi kk nyebutin diatas pendaftaran sekitar mei kan,, nah tahun 2012 kan test nya ajah awal mei lohh, hmh gmana kak?? tolong pencerahannya ya,,
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas koreksinya dya,..
      memang setiap tahun beda awal penerimaannya.
      untuk lebih update bisa di cek di www.amg.ac.id

      Hapus
  47. Pendafatarn tahun 2013 tanggal berapa Kak ???

    BalasHapus
  48. Di matakuliah AMG ada yg menyangkut ketahanan fisik apa tidak ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di AMG hanya ada LBB ( latihan baris - berbaris ) dan juga olah raga, untuk fisiknya. diluar itu ada ekskul fitnes, karate dan lain- lain.
      terima kasih.

      Hapus
  49. Yosaphat Tri Utomo4 Januari 2013 11.08

    kak saya anak kelas XII-IPS yang pengen masuk AMG tapi persyaratannya anak IPS ngak bisa masuk , bukannya anak IPS belajar pelajaran geografi? besik apa yang tidak dimiliki anak IPS sehingga ngak diterima T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. yosaphat, AMG tidak menerima dari jurusan ips. Mungkin yang yosaphat maksud geofisika, geofisika itu sendiri ilmu yang mempelajari bumi, tamah, batuan lempeng yang menggunakan banyak ilmu pengetahuan alam dan matematika.
      terima kasih

      Hapus
  50. kak kalo fisikanya pas-pasan gmna? kalo berat badan kurang dari berat ideal bisa masuk ga kak? misal tinggi 158 tpi berat 40kg? mksih kak atas jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nilainya yang penting loolos nilai minimum.
      kalau untuk berat badan tidak begitu memengaruhi kok dek :)
      terima kasih

      Hapus
  51. Kak , untuk tahun 2013/2014 kira" di buka pendaftarannya sekitar bulan apa ya ? terimakasih ..

    BalasHapus
  52. mau tanya donk info pendaftaran utk tahun 2013/2014,, pendaftaran.a mulai kapan yaa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan tahun2 sebelumnya pada bulan mei sudah ada infonya. untuk tahun 2013/2014 akan saya infokan secepatnya.
      Terima kasih rizky.

      Hapus
  53. kak,, nama saya Bismar,, saya mau tanya : nanti lulusan dari AMG kan akan bekerja sesuai dengan bidang nya masing-masing, nah GAJI yang didapat tu berapa ya kak ???
    apakah, kalo sudah bekerja selama sekian tahun lamanya, bisa naik jabatan nggak yaa ?????

    Mohon, dibalas,..
    Terimakasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bismar,..
      iya, ditempatkan sesuai dengan bidang sewaktu penjurusan di AMG.

      kalo gaji pokok seluruh pns sama yaitu +- 1,3 juta untuk gol 2a belum termasuk tunjangannya ( uang makan, PNBP, tunjangan fungsional, remunerasi dll )

      bisa, untuk fungsional paling cepat 2 tahun sekali, struktural 4 tahun sekali.

      Hapus
  54. kak tinggiku(pria) 161/162cm boleh daftar gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tahun 2012 kemarin 163 minimal pria adi.

      mungkin ini bisa di coba >> http://makalah-informasi.blogspot.com/2012/02/tips-meninggikan-badan-secara-alami.html

      Hapus
  55. mw tanya..kampus AMG nya dmna yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika : Jl. Perhubungan I No. 5, Komplek Meteorologi Dep.Hub, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, 15221, Telp. 021-73691621-23.

      Hapus
  56. alvionita carera16 Januari 2013 20.12

    kk, saya carera, saya ingin tanya pendaftaran 2013 kapan ya di mulai dan peluangnya gimana kk ya?

    BalasHapus
  57. alvionita carera16 Januari 2013 20.26

    satu lagi kk, nilai minimum masuk AMG berapa ya kk?

    BalasHapus
  58. misi kak mau tanya untuk pendaftaran tahun 2013/2014 kapan yah? makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  59. kak emang yang lulusan smk nggk bisa masuk geofisika tau meteorologi yah ? T.T

    BalasHapus
  60. ka saya dari smk ? nggk bisa masuk geofisika yah ? soalnya saya paling antusias kalo tentang ilmu perbumian , pengen banget nih ka jadi ahli geofisika T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya Gilang,
      benar, untuk smk hanya jurusan Intrumentasi yang bisa dipilih. smk nya juga jurusan listrik, elektrinika, TKJ dan yang sejenis lainnya.

      Hapus
    2. emang nggk ada cara lain ya ka supaya bisa masuk jurusan geofisika ? T.T

      Hapus
    3. atau lewat tes ka ? bisa nggk kak ?
      o ya ka makasih ya udah mau jawab pertanyaan saya yang di atas :)

      Hapus
    4. kak saya OKTA ALBENI dari SUMBAR,
      saya jurusan IPS,tapi saya pernah menang OSN ASTRONOMI,apakah itu bisa membantu kk?

      Hapus
    5. setau saya klo astronomi bukan ke BMKG ya ? tapi lebih ke LAPAN ,,
      paling kalo mau jurusan astronomi ada di ITB :)
      itu kalo setau saya lho hehe

      Hapus
  61. Kak, ini saya Bismar, gaji tertinggi yang bekerja di BMKG setelah kita lulus dari AMG itu berapa yaa ???
    Apakah saya bisa, dapet gaji yang banyak, ??
    Mohon, penjelasannya,,

    Terima kasih.... :D :)

    BalasHapus
  62. mintak tolong infonya terkait amg dong
    buat pendaftaran tahun ajaran 2013-2014,,,
    supaya tidak tubrukan soalnya masih bingung nentuin tempat kuliah ni.........
    klo ada info mintak tolong di email ke mocha_afan6@yahoo.com ya
    terima kasih

    BalasHapus
  63. kak pendaftaran buat tahun 2013 di buka kapan?

    BalasHapus
  64. pendaftaran thn ajaran 2013/2014 kpn di buka ? trs kalo lulusn thn lalu msh bisa dftar ???? .. thx be4

    BalasHapus
  65. kak saya OKTA ALBENI dari SUMBAR,
    saya jurusan IPS,tapi saya pernah menang OSN ASTRONOMI,apakah itu bisa membantu kk?
    soalnya saya dari kecil ngincar BMKG,kalau persyaratan fisik,insyaalah saya memenuhi.
    mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya klo astronomi bukan ke BMKG ya ? tapi lebih ke LAPAN ,,
      paling kalo mau jurusan astronomi ada di ITB :)
      itu kalo setau saya lho hehe

      Hapus
    2. iya,,
      tapi kan d astronomi juga ada tentang penelitian satelit,
      dan d situ juga ada pelajaran fisikanya,pa gk da toleransi g t.?
      mksh tas info nya.:)

      Hapus
    3. hehe kurang tau juga :)
      tapi mudah mudahan bisa masuk :)

      Hapus
  66. pendaftaran tahun ajaran baru 2013/2014 kpan kak..??
    untuk lulusan tahun kemaren masih bisa daftar gak..?? :)

    BalasHapus
  67. Makasih infonya

    BalasHapus
  68. malem, ka mau tanya dong pndftran taun 2013/2014 kpn dbka nya ya??
    kalo saya kn pke krudung, msih bisa msuk ga??
    makasih :)

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  70. Ass.. maaf kakak sebelumnya mau tanya tentng pendaftran yang tahun 2013/2014 itu mulai dibuk kapan ya?syarat-syarat dan ketentuan untuk masuk apa masih sama seperti tahun kemarin?terimksih:)

    BalasHapus
  71. untuk pendaftaran TA 2013/2014 kpan yah

    BalasHapus
  72. dinia nurhidayati1 Februari 2013 16.29

    ka maaf mau tanya bisa nggak yah kalo sewaktu-waktu saya survei kesana?
    terima kasih

    BalasHapus
  73. selamat pagi/sore/malam kak
    kak peminat tahun lalu ada di web gk? kalo ada moho di publish ya kak, nilai minimal yg keterima disana tahun lalu, peminat dsb.
    thanks kak

    BalasHapus
  74. kak mau tanya dong, di AMG itu cuma ada Fisika ya? Kimia gk ada? hahahah biologi juga pasti gk ada, hahahhah

    BalasHapus
  75. KALAU GIGI BERLUBANG KIRA KIRA BISA MASUK GAK ?

    BalasHapus
  76. kak kira-kira biaya sepenuhnya kuliah disana berapa yaa

    BalasHapus
  77. ka' tlong donk scptnya infrmasikn mengenai pendaftrn AMG 2013/2014 bgi kmi ank" kls XII IPA SAMA k',,

    tlong dbls ea k'??
    thx...

    BalasHapus
  78. kak aku erma nak SMA kelas XII kalau GIGI berlubang bisa lolos tes kesehatan gak...? terus pendaftaran TA 2013/2014 kapan?

    BalasHapus
  79. Rika Firda Paramita10 Februari 2013 14.23

    kak mau tanya ikut seleksinya itu dimana?? harus di jakarta ya?? di semarang nggak ada?
    makasih dan tolong dibalas

    BalasHapus
  80. kak mau tanya ikut seleksinya itu dimana?? harus di jakarta ya?? di semarang nggak ada?
    makasih dan tolong dibalas

    BalasHapus
  81. permisi numpang tanya..
    saya perempuan berniat daftar tapi kalo boleh tau minimal untuk perempuan berkaca mata berapa yah?
    soal nya saya minus.
    terima kasih
    mohon balasan nya.
    dan informasi pendaftaran tahuan akademik 2013/2014

    BalasHapus
  82. ka permisi numpang tanya informasi pendaftaran tahun 2013/2014 kapan ya kA? tinngi di ukur di sana?
    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah maret ini.
      terus liat www.amg.ac.id

      tinggi diukur ditempat daerah diva mendaftar, misal di Jambi.maka diva diukur di Jambi

      Hapus
  83. Kak, apa bisa mendaftar lewat jalur bidikmisi?

    BalasHapus
  84. Saya Bhima. pendaftaran tahun 2013/2014 kpn ya di bukanya? mohon informasinya.

    BalasHapus
  85. kak, tahun kemarin info sipencatar amg tgl 13 feb sudah diupdate, tahun ini kok belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah maret ini.
      terus liat www.amg.ac.id

      Hapus
  86. kak, tes kesehatannya itu seperti apa ya ?
    yg detailnya
    Kalo mau tes di rumah sakit bilangnya tes apa ya ?
    apa gk ada data kesehatan yang harus di teskan ?

    BalasHapus
  87. ka, mau tanya AMG tahun ini buka pendaftaran taruna baru gak???

    BalasHapus
  88. kak,kalo cewek itu rambutnya harus pendek kan? pendeknya kayak cowok atau kayak polwan gitu?

    BalasHapus
  89. kak,kalo cewek itu rambutnya harus pendek kan? pendeknya kayak cowok atau kayak polwan gitu?

    BalasHapus
  90. kak,kalo cewek itu rambutnya harus pendek kan? pendeknya kayak cowok atau kayak polwan gitu?

    BalasHapus
  91. kak,kalo cewek itu rambutnya harus pendek kan? pendeknya kayak cowok atau kayak polwan gitu?

    BalasHapus
  92. kak,kalo cewek itu rambutnya harus pendek kan? pendeknya kayak cowok atau kayak polwan gitu?

    BalasHapus
  93. kak maaf sebelumnya sya ingin bertanya,
    1. kalo di geofisika sendiri itu kebnyakan yg diterima jdi mahasiswa itu cwo/cwe?
    2. passing grade untuk tiap jurusan itu berapa k? sya nyari koq gk ktemu ya?
    3. trus akreditasi untuk tiap jurusan di AMG itu berpa k?

    tlong dibales ya k, buat patokan sya untuk dftar kesitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru dibalas,
      1. Untuk banyaknya tiap tahun merata antara cowok dan cewek, kecuali instrumentasi yang kebanyakan yang lulus cowok dan klimatologi yang lulus kebanyakan cewek

      2. Kalau untuk passing grade memang tidak diberitahu. Hanya panitia yang memiliki.

      Hapus
  94. kalau berjilbab juga harus pendekkah rambutnya kak?
    tarimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia dek, tetap harus dipotong pendek. tenang aja, cuma selama pendidikan kok.
      terima kasih atas pertanyaannya.

      Hapus
  95. pendaftaran tahun ajaran 2013/2014 kapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaAllah maret ini.
      terus liat www.amg.ac.id

      Hapus
  96. kak, mau tanya. syarat tidak berkacamata itu tidak minus atau minus tetapi tidak memakai kacamata? mohon dijawab

    BalasHapus
  97. kak kalo perokok bisa lulus tes kesehatan ga?

    BalasHapus
  98. assalamualaikum...
    aq nova kak dari padang...
    mau nanya kak, mlai pendaftaran th ajaran 2012/2013 mlai kpan mpe kpan kak?
    mhon infonya...
    mkasih..

    BalasHapus
  99. Permisi Ka,
    Kapan Pengumuman kelulusan Taruna AMG 2013?
    terimakasih

    BalasHapus
  100. Permisi Kak...
    Kak, nama saya Bismar,, saya ini kan Alhamdulillaaahhhhh lulus TKD & TKA, terus nantinya kan ada tes kesehatan dan tes wawancara. Saya itu jujur, belum "tenang" dengan tes wawancaranya.
    Nah, share donk kak... pengalaman kakak dalam menjalani tes wawancara... Kasih tahu donk, kiat-kiat apa saja yang saya harus lakukan agar saya lulus tes wawancara, dan bisa kuliah di AMG. :D

    Mohon dibalas ya kak...
    Terima kasih ^^) :D

    BalasHapus
  101. Permisi Kak...
    Kak, kapan pengumuman tes wawancara SIPENCATAR AMG 2013 ya ???
    Mohon kesediaannya dijawab. Terimakasih.... ^^)

    BalasHapus
  102. Ass...kum. apakah tahun2013-2014 ada seleksi catar amg?

    BalasHapus
  103. ka, numpang nanya. sistem pendidikan di Amg gimana? apakah semi militer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia, semi militer, tp menurut saya pribadu, militer disini yg diadopsi pakaian, menghormati, senior, lbb.tp kalau untuk ospek msh militer ospek sma atau ptn saya dulu,hheh

      Hapus
  104. kak, saya Dama..
    mau tnya,, kalau ada bekas lka jtuh, berpengaruh gak kak untk msk AMG?
    makasi kak atas jwbnya.

    BalasHapus
  105. Terima kasih Dama atas pertanyaannya.
    Insya Allah tidak apa - apa. Semangat berjuang dari sekarang ^_^

    BalasHapus
  106. jika tamatan Smk Akuntansi ttap jga gx bsa ea kak?
    lw mank qta mampu, knpa gx di ijinkan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena aturan dari pusatnya begitu, maaf ya dek :-(
      InsyaAllah masih ada jalan di tempat lain, seperti STAN.Bumi Allah itu luas :-) tetap semangat,..

      Hapus
  107. kak, mau nanya kalo cewe yang tdk berjilbab, rambutnya dipotong seperti anak paskibra?

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  109. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas jaman saya dulu, sebelum lulus ilma. bisa kok, kamu masih muda. banyakin makan wortel/vitamin A.InsyaAllah masih bisa diobati :-)

      Hapus
  110. Oh iya kak, satu lagi, kalo nilai rapotnya naik turun gimana?? Cuma b.inggris sih yang naik turun, berpengaruh besar gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kok, asal sesuai dengan standar nilai.
      Terima Kasih ilma atas kunjungan dan komentarnta :-D

      Hapus
  111. Kak mau tanya , pada saat apa kita itu memilih jurusan?
    Dan yang memilihkan kita sendiri atau dipilihkan ?

    bY. Diyana

    BalasHapus
  112. kak saya linda dari medan ,,tesnya langsung ke sklhnya atau ngga?
    terus klo tes TKD nya essay? makasih

    BalasHapus
  113. kak, kalo cewek berjilbab boleh gak masuk AMG trus boleh mata minus sampe brp?

    BalasHapus
  114. kak mau tanya kalo kan daftarnya di geofisika tapi daya tampung paling banyak kan di meteorogi jadi yang paling banyak di ambil itu yang daftarnya di meteorologi ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kuota yang paling besar dari jurusan meteorologi.

      Hapus
  115. Assalamualaykum, ka mau tanya nih. Di AMG waktu pendaftaran Ada samapta'nya atau enggak?? Terus, gigi berlubang bisa nggak? Pertanyaan yg terakhir, untuk setiap tahap test itu biayanya berapa? Terimakasih, maaf merepotkan. Jawaban kkak sya tunggu, dan sya harapkan. Semoga tuhan membalas kebaikan. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykummussalam,.
      Secara umum tidak ada, cuma biaya pendaftaran 75ribu, kalau biaya lain yaitu tes kesehatan tergantung RSnya. saya dulu 600ribuan.

      Hapus
  116. kak,kalo yang berkacamat bagaimana?boleh daftar amg gak?

    BalasHapus
  117. asslmkm

    kak, ane ari di plmbang.

    ane mw tanya kak, klo kta mw tanya2 langsung ke kantor cbang daerahnya (klo diplmbg di kenten) boleh nggak kak, biar jelas gituu? terus kak, nanyanya sama siapa??

    oh iy kak 1 lgi, belajarnya itu kayak sesulit SMA nggak (mnurut kk?) cz saya difisika bsa dibilang pas2an.. mungkin kk ad pngalamn punya tmen di AMG kyak ane??

    ditunggu kk ya blasannya. #jazakallah :)

    wsslmkm

    BalasHapus
  118. kak kalo peminat klimatologi untuk data sementara brapa kak?
    dan kalo misalnya dah daftar dan registrasi msih bisa ganti jurusan?

    BalasHapus
  119. kak, untuk jurusan geofisika berapa kouta yang diminta ?

    BalasHapus
  120. kak berkas-berkas yang harus dilengkapi pada saat pendaftaran apa saja? terimakasih

    BalasHapus

Komentar, kritik, saran, juga pertanyaan sahabat sangat saya hargai sebagai masukan agar blog ini dapat lebih baik dan kita semua dapat memperoleh manfaat daripadanya. Jangan sungkan untuk berkomentar.