Sabtu, 22 September 2012

Komputer Hidup Sebentar Lalu Mati Kembali

Pernakah anda mengalami komputer (cpu)  hidup sebentar lalu mati kembali ?. Jika pernah, maka sama dengan problem saya yang akan dibahas pada update kali ini. Kemarin, saat di kampung saya meng-install komputer rumah. Ketika proses install mencapai 80%, yaitu saat komputer (cpu) booting. Tiba - tiba komputer saya mati sendiri seperti kehilangan power. Saya ulang hidupkan  sampai beberapa kali hasilnya tetap sama, hidup hanya beberapa detik lalu mati kembali. sesuai jiwa teknisi. Yang saya lakukan menurut insting saya adalah :


    • Mengencangkan kabel - kabel pada cpu, baik itu kabel IDE, power, dan juga mengencangkan slot PCI/AGP, VGA, memori tak lupa membersihkan pin kuningan dengan penghapus. Dan hasilnya ? masih nihil.
    • Lalu saya coba untuk memasang hanya satu (1) device, dan mencobanya satu persatu seperti hanya menghubungkan hardisk lalu menghidukannya. Kalau tidak hidup, dicoba dengan device lainnya seperti VGA, DVD - ROM dan lainnya. Dan hasilnya ? masih nihil juga.
    • Kemudian saya menuju sistem power, antara baterai CMOS, stabilizer, UPS atau power supply.kemudian saya belilah baterai CMOS seharga 5000 rupiah, setelah dicoba masih tidak bisa.dengan stabilizer yg berbeda blm bisa juga.Dan yang  terahir saya membeli power supply seharga 90ribu rupiah seri ATX. Setelah diganti dengan yang baru. dan saya hidupkan.
      Alhamdulillah, hidup seperti sedia kala. Namun masih dalam mode peng-installan.

Dan kesimpulan dari permasalahan yang saya hadapi adalah untuk men-cek power supply terlebih dahulu untuk setiap problem yang dialami barang elektronik kita. Entah itu problem hanya masalah kabel power yang tidak kencang atau yang lainnya.
Terima Kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.
Salam hormat Makalah Informasi
Komputer Hidup Sebentar Lalu Mati Kembali

10 komentar:

  1. kasusnya sama yang saya hadapi saat ini gan , makasih info nya ☺

    BalasHapus
  2. Masalah begitu juga saya alami. power supply cpu sudah saya coba dg cpu yang berbeda, hasilnya PSU tsb berfungsi dgn normal,akan tetapi PSU cpu lain saya coba pasang, hasilnya tetap sebentar hidup kemudian mati lagi. disini saya mencoba clear cmos dlm keadaan listrik terhubung, saya pasangkan ke pin 2-3, saya diamkan 10 detik, setelah saya cabut lngsung hidup, tanpa saya pencet tombol power dan tanpa saya pasang pin 1-2 utk pemakaian normal, disini saya bingung, cpu tanpa terpasang cmos pada pin 1-2 bs hidup, tetapi tidak bisa booting. saya curiga ada madalah dg mobonya. kira2 begitu pengalaman saya.

    BalasHapus
  3. Masalah begitu juga saya alami. power supply cpu sudah saya coba dg cpu yang berbeda, hasilnya PSU tsb berfungsi dgn normal,akan tetapi PSU cpu lain saya coba pasang, hasilnya tetap sebentar hidup kemudian mati lagi. disini saya mencoba clear cmos dlm keadaan listrik terhubung, saya pasangkan ke pin 2-3, saya diamkan 10 detik, setelah saya cabut lngsung hidup, tanpa saya pencet tombol power dan tanpa saya pasang pin 1-2 utk pemakaian normal, disini saya bingung, cpu tanpa terpasang cmos pada pin 1-2 bs hidup, tetapi tidak bisa booting. saya curiga ada madalah dg mobonya. kira2 begitu pengalaman saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komputer rtetap bisa hidup tanpa baterai CMOS. Hanya akan ada efek yaitu tidak akuratnya sistem pewaktuan pada komputer atau laptop anda.
      Terima kasih atas sharingnya :)

      Hapus
  4. yang saya alami adalah ketika labtop diHidupkan Sebentar Lalu Mati Kembali,kemudian di hidupkan tidak mau hidup lagi...

    BalasHapus
  5. saya juga sama gan. begitu laptop dihidupkan langsung mati, tapi hidup lagi terus mati lagi terus hidup lagi setelah itu baru hidup. hahahahahaha ternyata masalahnya ada di RAM yg kurang pas saat pemasangan. sebelum masalah ini terjadi RAM memang pernah saya lepas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Gan, pemasangan RAm juga berpengaruh pada performance Komputer agan. Sekali - kali bisa Agan bersihkan pin yang berwarna kuning pada RAM dengan penghapus atau juga kertas putih.
      Terima kasih tas kunjungannya :).

      Hapus
  6. Nah kali ini ane gan..... cpu ane br demalem kna problem ane mo nyqlaiin cpu tpblm masuk booting udah mati lagi dan beberapa detik kemudian nyala sendiri trus mati lagi fn setrusnya.
    Apa kira2 itu masalh pada PSU.nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ia, saya sudah 2 kali pc saya terkena masalah pada PSU pertama memang sudah lama PSU nya yang kedua karena PSU yang dibeli murahan. Belum genap setahun udah gak bisa nyala pc ane.
      Terima Kasih atas komentarnta my_acunt :-)

      Hapus
  7. Kalo saya sama kaya nya sih sama yang di atas . udah coba lepas VGA lepas ram tapi tetep aja pas mau booting instal ulang masuk ke window nya mati ga mau booting saya coba otak atik di bios masih aja gagal terus saya tiba2 jalan nginstal window xp . setelah di coba eh xp3 ga suport pake game pointblank sa lupa lagi cara nya mau instal lagi pake win 7 . kemungkinan seting di bios sama Power suply nya yang terlalu panas .. minta ganti mungkin atou yang lain .. soal nya kalo pake standar2 biasa komputer nomral2 aja .. tapi kalo mau ngegame power suply panas langsung blm bbrapa menit main .. dan juga komputer langsung mati .
    pirasat sih itu power supply nya aja . ram vga okok aja tuh .
    mohon kasih komentar yah teman2 . mungkin ada cara lain gitu untuk instal dulu window nya , soal nya masuk ke window setup pc langsung mati . komentar nya aku tunggu yah :)
    makasih sebelum nya

    BalasHapus

Komentar, kritik, saran, juga pertanyaan sahabat sangat saya hargai sebagai masukan agar blog ini dapat lebih baik dan kita semua dapat memperoleh manfaat daripadanya. Jangan sungkan untuk berkomentar.