Minggu, 23 Desember 2012

bagaimana jika seorang wanita menolak pinangan seorang lelaki




Assalamualaikum, ustadz saya mau tanya bagaimana jika seorang wanita menolak pinangan seorang lelaki yang agamanya bagus akhlaqnya bagus, hal itu saya lakukan karna saya masih ingin melanjutkan pendidikan (kuliah) apa saya berdosa ? dan apakan setelah saya menolak pinangan lelaki tersebut saya susa mendapatkan jodoh lagi ?
Jazakumullah khoiran...

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

   Berikut ini kami terjemahkan keterangan syaikh Ibnu Baz:
Yang wajib adalah bersegera menikah, tidak selayaknya seorang pemuda mengakhirkan pernikahan dengan alasan study, begitu pula seorang gadis, tidak selayaknya ia mengakhirkan pernikahan demi study, pernikahan tidak menghalangi itu sedikitpun, seorang pemuda bisa menikah (dengan begitu ia menjaga agama, akhlaq dan menundukkan pandangannya), bersamaan dengan itu ia tetap melanjutkan studynya, begitu pula seorang gadis jika Allah memberinya kecukupan.
Selayaknya bersegera menikah meski sedang belajar di tingkat sekolah menengah atas atau sekolah tinggi, itu semua tidak menghalangi.

   Yang wajib adalah segera dan setuju menikah jika ada laki-laki sepadan yang melamar, dan study tidak menghalangi pernikahan. Seandainya sebagian study terputus (karena pernikahan.pent) maka itu tidak apa, yang penting ia (wanita.pent) belajar apa yang bisa mengantarnya ke pengetahuan ilmu agamanya, adapun ilmu lainnya hanya sebagai faedah biasa.

   Pernikahan memiliki maslahat yang banyak, khususnya pada zaman sekarang, dan pernikahan yang ditinggalkan akan menimbulkan bahaya untuk pemuda dan gadis
Majmu' Fatawa Ibnu Baz 20/421-422

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحيبه وسلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar, kritik, saran, juga pertanyaan sahabat sangat saya hargai sebagai masukan agar blog ini dapat lebih baik dan kita semua dapat memperoleh manfaat daripadanya. Jangan sungkan untuk berkomentar.