Selasa, 31 Januari 2012

METEOROLOGI

Ø kali ini makalah informasi ingin membagikan pengetahuan  mengenai informasi meteorologi yang dipelajari di perguruan tinggi akademi meteorologi dan geofisika.Perguruan tinggi yang meng-khusus-kan para lulusannya agar ahli dalam bidang meteorologi,klimatologi,geofisika serta teknik meteorologi dan geofisika

Pengamatan Meteorologi
Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang atmosfer bumi. Atmosfer adalah selubung gas yang menyelimuti bumi atau kumpulan partikel-partikel gas yang menyelimuti permukaan bumi. Atmosfer juga terdiri dari fluida dan partikel. Partikel-partikel dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1.      Partikel basah, contohnya hujan.
2.      Partikel kering, contohnya debu, uap air laut, gas pembakaran hutan.
Cuaca adalah keadaan fisis atmosfer di suatu saat pada suatu tempat.
Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu periode yang cukup lama atau daerah yang cukup luas. 

Ø  Profil Suhu dan Tekanan terhadap Ketinggian
Strukutur atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan, yaitu :
1.   Troposfer
     Lapisan ini memiliki ketinggian dari pemukaan laut/darat sampai 20 km. Pada lapisan ini suhu udara turun terhadap ketinggian, semakin tinggi lapisannya maka suhu udaranya semakin rendah. Suhu rata-rata permukaan sekitar 30oC. Pada ketinggian ≥ 5 km suhu udara mencapai 0oC dengan tekanan 600-500 mb. Semantara pada ketinggian 17 km-20 km suhu udara kutub -8oC dan ekuator -85oC dengan tekanan udara ± 100 mb. Batasan antara lapisan troposfer dan lapisan stratosfer disebut tropopause.
2.   Stratosfer
     Lapisan ini memiliki ketinggian 20 km sampai ±50 km. Suhu udara pada lapisan ini mengalami kenaikan dari -85oC sampai 17 oC  dengan tekanan ±0 mb. Batasan lapisan ini dengan lapisan berikutnya disebut stratopause.
3.   Mesosfer
     Ketinggian lapisan ini dari ±50 km sampai ±90 km. Pada lapisan ini suhu udara turun dari 17 oC menjadi -90 oC. Batasan lapisan ini dengan lapisan berikutnya (thermosfer) disebut mesopause. 


4.   Thermosfer
     Ketinggian lapisan ini tidak terbatas. Suhu pada lapisan ini mengalami kenaikan kembali dari -90 oC sampai ribuan derajat celcius.



Demikian artikrel meteorologi yang makalah informasi dapat bagikan,Semoga bermanfaat.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar, kritik, saran, juga pertanyaan sahabat sangat saya hargai sebagai masukan agar blog ini dapat lebih baik dan kita semua dapat memperoleh manfaat daripadanya. Jangan sungkan untuk berkomentar.