Sabtu, 04 Februari 2012

Hard Disk Drive (HDD)

Makalah informasi kali ini membahas mengenai hardware komputer,yaitu hard disk.Hard disk merupakan komponen penting dari komputer.

Hard disk drive adalah sebuah komponen hardware yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis atau IC.

Jenis-jenis Hard disk:
1.Optical Drive, Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 1 TB.
2.Solid-state Drive (SSD), SSD adalah teknologi penyimpanan (Mass storage disk/Hard disk) yang termutakhir saat ini. hardisk tersebut tidak lagi menggunakan piringan sebagai media penyimpanan data, tetapi menggunakan Chip EEPROM (Electronically Erasable Programmable Read Only Memory) seperti cara kerja flashdisk dalam menyimpan data.
Sekian dulu Pengenalan Hard disk drive ala Rizki.Terima kasih atas kunjungannya.Semoga informasi ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar, kritik, saran, juga pertanyaan sahabat sangat saya hargai sebagai masukan agar blog ini dapat lebih baik dan kita semua dapat memperoleh manfaat daripadanya. Jangan sungkan untuk berkomentar.